Selasa, 17 Juni 2008

Semarak Penyambutan HUT Tapsel Ke-52


Semarak Penyambutan HUT Tapsel Ke-52

BERBAGAI kegiatan dan perlombaan digelar menjelang hari ulang tahun (HUT) Pemkab Tapanuli Selatan ke-52. Semarak penyambutan dimulai dengan rally wisata Danau Siais selama dua hari, Sabtu-Minggu (14-15/6).

Mengambil start di halaman kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga Padang Sidimpuan, Sabtu (14/6), ratusan peserta mengendarai mobil dan sepedamotor di lepas Sekdakab, Affan Siregar.
Melintasi perjalanan sekira 65 kilometer dari tengah perkebunan PTPN III Batang Toru, untuk bisa tiba di Danau Siais, peserta harus melapor di empat pos yang dibuat panitia.

Pemenang rally wisata tidak ditentukan berdasar kecepatan tiba di garis finish. Melainkan ketepatan waktu sesuai kecepatan laju kenderaan, sebagaimana di tentukan panitia.

Setibanya di Danau Siais, peserta rally wisata disambut Miss Pariwisata Tapsel 2008, Uswatun Hasanah, bersama Ketua TP PKK, Ny.Mariana Ongku, dan Kakan Pariwisata, Thiorisma Damayanthi. Ratusan bahkan seribuan warga dan panita pelaksana kegiatan juga telah berada di sana.

Kali ini Danau Siais begitu ramainya dan baru ini sejarahnya danau itu dikunjungi lebih dari 250 orang. Pemkab Tapsel sekarang telah mengangkat citra Danau Siais ke 'mata dunia' dan menjadikannya sebagai ikon atau simbol pariwisata.

Selain keberadaan putri wisata, Danau Siais juga telah dilengkapi berbagai prasarana. Tahun lalu komplek penginapan berupa mess berbentuk belasan rumah panggung telah berdiri di pinggir Danau Siais. Pemkab Tapsel telah membangunnya pada tahun anggaran 2006, dilengkapi lapangan olahraga dan lokasi perkemahan.

Akses transportasi sudah dibangun dari dua jalur dengan anggaran 'keroyokan'. Pemprov Sumut dari arah Batang Toru dan Pemkab Tapsel bersama investor perkebunan dari arah Kecamatan Angkola Selatan.

Selama dua hari berbagai perlombaan diikuti seluruh kecamatan dan instansi digelar di Danau Siais. Seperti halnya lomba dayung yang mengikutkan warga dan unsur Muspida sebagai pesertanya. Ibu-ibu dan remaja putri juga turut ambil bagian pada lomba itu.

Panggung besar untuk hiburan musik dan antraksi lomba seni adat budaya Tapsel dibuatkan disana. Para pemenang akan diumumkan pada puncak peringatan pertama selama 52 kali HUT Tapsel pada November nanti.

"Selama 58 tahun usia saya, baru kali ini ada kemeriahan dan perlombaan di Danau Siais. Terimakasih Pemkab Tapsel, terimakasih Pak Ongku, Bupati yang telah memulai semua ini," kata Bahirun Pulungan, warga Desa Rianiate, perkampungantua di pinggir Danau Siais. (wsp)

Keterangan Gambar:
DAYUNG IBU: kaum ibu juga tidak ketinggalan untuk mengikuti lomba dayung menyambut HUT Tapsel ke-52 di Danau Siais. (Wsp)

1 komentar:

sukrifhpsp.blogspot.com mengatakan...

Tapsel di bawah kepemimpinan Ongku P Hasibuan benar-benar lebih maju beberpaa langkah. Selamat untuk Tapsel sebagai tanah kelahiranku, yang telah mendapatkan pimpinan bertangan dingin, Ongku P Hasibuan